Kenapa api gas warna hijau?

11
Marguerite Roob asked a question: Kenapa api gas warna hijau?
Asked By: Marguerite Roob
Date created: Fri, Jun 11, 2021 2:15 PM
Date updated: Wed, May 25, 2022 12:03 PM

Content

Video answer: Belajar... memperbaiki kompor gas...api nya berwarna hijau

Belajar... memperbaiki kompor gas...api nya berwarna hijau

Top best answers to the question «Kenapa api gas warna hijau»

Api hijau berasal dari boron yang dipanaskan. Kalau warna api hijau mungkin biru kehijauan ya sih biasanya masih relatif biasa yang penting tidak merah kuning. Rata rata suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius.

FAQ

Those who are looking for an answer to the question «Kenapa api gas warna hijau?» often ask the following questions:

👉 Kenapa gas lpg berat?

Berat jenis gas Elpiji, lebih berat dari pada udara. Jika ada kebocoran pada selang atau regulator Elpiji, gasnya tidak menguap ke atas melainkan mengalir turun ke bawah. Jadi letakkan tabung Elpiji di tempat datar, dalam ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik.

👉 Kenapa kompor gas tiba tiba mati?

Masalah api pada kompor gas yang tiba-tiba mati sendiri juga dapat ditimbulkan oleh kondisi karet seal pada tabung gas yang jelek. Mungkin saja karet tini terlalu tipis atau bahkan sudah rusak sebelumnya… Penyebabnya tidak lain karena karet seal di tabung yang sudah rusak.

👉 Mengapa warna api kompor gas berwarna biru?

Warna api biru pada kompor adalah indikasi pembakaran sempurna. Pembakaran sempurna menunjukkan bahwa tidak ada produksi karbon monoksida yang merupakan gas beracun. Kenapa api kompor gas berwarna oranye harus diwaspadai?

Video answer: Api hijau pada kompor gas

Api hijau pada kompor gas

10 other answers

Menurut John Werner, seorang psikolog dari Universitas California yang mempelajari spektrum warna, setidaknya ada 2 alasan kenapa tenaga medis memakai warna hijau dan biru: Melihat warna hijau atau biru dapat menyegarkan pandangan dokter dan tenaga medis, yang terlalu fokus pada warna merah.

Suhunya masih dibawah api yang berwarna biru, tetapi tetap saja sangat panas. Nah, semakin rendah suhu api, artinya pembakarannya makin nggak efisien. Biasanya, kompor minyak tanah menghasilkan api berwarna kuning cenderung ke jingga. 3. Api yang berwarna jingga lebih ‘dingin’ dibandingkan dengan api berwarna kuning.

Kebetulan molekul-molekul hidrokarbon memancarkan sebagian energi mereka dalam bentuk cahaya dengan panjang gelombang dalam spekturm biru dan hijau. Atom-atom dan molekul-molekul jenis lain, jika teruapkan dan terbakar, akan menghasilkan warna nyala masing-masing. Itu sebabnya kembang api dapat menghasilkan nyala yang warna-warni.

Ketika gas alam dinyalakan di dalam tungku pembakar, gas tersebut dengan cepat terbakar pada suhu yang sangat tinggi dan menghasilkan nyala api berwarna biru. Dijelaskan juga jika warna api ditentukan oleh tingkat efisiensi dari proses pembakaran yang berlangsung. Tingkat Efisiensi Menentukan Warna Api. Jika kamu memperhatikan lebih detail warna api itu sendiri. Sebenarnya ditentukan oleh efiensi dari reaksi pembakaran yang berlangsung.

Suhu api tersebut ada di antara 1.000-1.200 derajat celcius. Api merah. Kompor gas dengan nyala api merah adalah peringatan bahwa jumlah CO yang meningkat. Suhunya di bawah 1.000 derajat celcius, sehingga pembakaran dengan api ini tidak sempurna. Bahkan, karena peningkatan CO dalam jenis warna api ini, bisa menyebabkan keracunan CO.

Kenapa disebut api hitam, karena pada spektrum warna cahaya, warna hitam berarti tidak ada cahaya. Itulah sebabnya kenapa api hitam terlihat transparan. Lebih lanjut lagi, zat yang mengalami reaksi pembakaran juga dapat memengaruhi warna api. Warna-warna api yang dihasilkan akibat zat yang mengalami reaksi pembakaran ini terjadi pada kembang api.

Warna putih pada api ini di sebabkan suhunya melebihi 2000 derajat celcius. Api putih inilah yang berada di dalam inti matahari, dan timbul akibat reaksi fusi oleh matahari. Api putih ini biasanya banyak digunakan di pabrik- pabrik yang memproduksi material besi dan sejenisnya

Api merah pada dasarnya disebabkan oleh lean AFR (air per fuel ratio) (campuran miskin : kurang oksigen dan kelebihan bahan bakar). Apa pun variasi root cause-nya, indikasinya akan selalu tampak sebagai api merah : 1. Stel damper utk kompor2 yg ada damper-nya utk memperbesar volume/rasio udara/oksigen. 2.

Warna api pertama ditentukan oleh suhu. Dari warna merah, biru, hingga putih. Semakin panas suhunya, maka akan berubah menjadi biru lalu putih. Selain itu, zat2 tertentu juga bisa merubah warna api (boleh dicoba): Carmine Lithium Chloride Red Strontium Chloride Orange Calcium Chloride (a bleaching powder)

Jika kita menggunakan kompor gas, biasanya api yang muncul berwarna biru. Namun, jika kita menyalakan api menggunakan korek api, umumnya api yang muncul berwarna oranye kekuningan. Nah, mengapa api bisa berbeda-beda warnanya ya? Api terjadi dari reaksi pembakaran senyawa yang mengandung oksigen (O 2). Jika suatu reaksi pembakaran kekurangan oksigen, maka efisiensi pembakaran berkurang dan menghasilkan suatu senyawa karbon seperti asap atau jelaga.

Your Answer

Video answer: Kompor gas apinya berubah warna menjadi hijau

Kompor gas apinya berubah warna menjadi hijau